Potensi Desa


     Sebuah desa dalam menjalankan pemerintahannya  didukung oleh adanya potensi di Desa tersebut. Potensi dalam suatu desa Dapat dikategorikan sebagai suatu hal yang dapat diunggulkan dalam sebuah desa dalam menjalankan kegiatan pemerintah maupun dalam mejalani kegiatan bermasyarakat. Potensi desa tidak hanya mencakup potensi yang berkaitan dengan potensid desa dalam segi perekonomian, melainkan juga mencakup hal mengenai sosial masyarakatnya atau biasa disebut potensi desa dalam hal sumber daya manusianya. Potensi desa dibagi menjadi dua potensi desa dalam hal sumber daya alam yang biasa disebut potensi fisik yang meliputi tanah, air, iklim, cuaca, flora, fauna, dan potensi desa dalam hal sumber daya manusia atau biasa disebut dengan potensi non fisik yang meliputi masyarakat desa, lembaga-lembaga sosial  desa, dan aperatur desa,  jika potensi desa dapat dimanfaatkan maupun dikelola dengan baik dan tepat maka desa tersebut akan menjadi desa ynag berkembang dan menjadikan desa yang memiliki fungsi atau manfaat bagi daerah lain maupun kota lain.  seperti halnya Desa Ceguk ini mempunyai potensi fisik maupun nn fisik.
     Secara umum, Desa Ceguk memiliki beberapa potensi fisik yaitu sumber daya alam dalam berbagai bidang kebutuhan hidup manusia baik untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari maupun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa tersebut.
        Potensi desa Ceguk dalam potensi fisik atau sumber daya alam terdapat dalam sektor pertanian yang sangat luas. Dalam sektor pertanian terdapat komoditas tanaman yang dimanfaatkan oleh masyarakat diantaranya adalah Padi, jagung, tembakau, singkong.Potensi non fisik yang terdapat dari desa Ceguk yaitu potensi yang berasal dari masyarakat desa.
Potensi non fisik yang terdapat dalam masyarakat desa ceguk yaitu adanya Pembinaan  Kesejahteraan Keluarga yang sering disingkat dengan PKK. Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga tersebut diikuti oleh ibu-ibu yang berada di sekitar desa Ceguk. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang sejahtera, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.


Anggota gerakan  pembinaan kesejahteraan  keluarga di desa ceguk adalah para ibu-ibu rumah tangga yang diketuai oleh istri kepala desa yang tidak menerima gaji sepeserpun.  Gerakan  pembinaan kesejahteraan keluarga desa ceguk memiliki kegiatan sesuai dengan program kerja yang ada.  program  kerja yang terdapat dalam Kegiatan yang dilakukan adalah pengajian tiap bulan, arisan dan pembuatan kerajinan sebagai potensi unggulan desa. Kerajinan yang dibuat berasal dari benang yang diracut menjadi sebuah tas. Dengan adanya kegiatan tersebut akan meningkatkan kreatifitas para warga , serta jiwa wirausaha guna meningkatkanekonomi masyarakat desa Ceguk.  Hasil kerajian berupa tas tersebut memiliki harga yang cukup tingi dengan desain dan motif yang beraneka ragam. Tersedia pula untuk ukuran remaja maupun orang tua dengan tampilan yang modern. Harapanya dengan adanya pelatihan tersebut, kalangan wanita atau ibu-ibu memiliki pekerjaan sampingan yaitu pembuatan tas. Harga yang dipasang mulai dari 100rb ke atas.
Gerakan pembinaan kesejahteraan keluarga di desa ceguk memiliki peranan yang sangat penting selain mmeberdayakan wanitadan ibu rumah tangga di desa ceguk,  juga berperan aktif dalam  mengembangkan desa cegukdengan mengikuti berbagai kegiatan dalam desa maupunkegiatan di luar desa. Adanya PKK juga memberikan dampak terhadap partisipasi warga yang semakin tinggi dan antusiasme serta ikut serta dalam menyukseskan setiap kegiatan yang ada.
Potensi desa lainya berkaitan dengan sumber daya alam (SDA) yang ada di desa Ceguk. Sumber daya alam yang melimpah mampu memenuhi kebutuhan hidup serta dengan penerapan teknologi tepat guna (TTG) akan memiliki nilai jual ang tinggi. Hal tersebut mampu mengankat nilai ekonomi bagi masyarakat desa Ceguk sendiri. SDA yang dimiliki diantaranya adalah sektor pertanian berupa tanaman padi, tembakau dan pisang. Potensi utama padi hanya beradadi daerah dusun lebi, karena merupakan daerah yang dialiri sungai

0 komentar:

Posting Komentar