Makanan Rendah Kolestrol dari Hasil Bumi Ceguk



          Pertanian merupakan sektor utama penggerak ekonomi desa Ceguk. Hasil bumi yang banyak dijumpai di desa ini ialah tembakau. Akan tetapi tanaman lain seperti pisang, juga banyak tumbuh subur di desa Ceguk. Meskipun tumbuhan pisang banyak ditemukan di desa Ceguk, pemanfaatan tumbuhan tersebut masih tergolong rendah. Hal ini terbukti ketika warga desa Ceguk hanya memanfaatkan buahnya saja. Sedangkan untuk bagian lainnya, seperti jantung pisang hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Dari latar belakang tersebut, mahasiswa KKN kelompok 97 tertantang untuk meningkatkan nilai ekonomis dari jantung pisang.



            Mahasiwa KKN kelompok 97 memilih mengolah jantung pisang sebagai dendeng. Pasalnya, pembuatan dendeng pisang cukup mudah dipraktekan serta bahan-bahan pendukungnya yang mudah didapat. Selain itu, dendeng jantung pisang memiliki segudang manfaat, seperti halnya sebagai pembersih darah kotor serta melancarkan sirkulasi darah. Kandungan kolesterol yang rendah juga menjadi nilai lebih untuk olahan dendeng pisang.


            Olahan tersebut juga dikenalkan kepada warga desa Ceguk, khususnya ibu rumah tangga serta pengusaha makanan. Menurut mahasiwa KKN kelompok 97, dendeng jantung pisang dapat menjadi lauk pengganti daging. Disamping itu, dendeng jantung pisang juga bisa menjadi produk makanan yang mampu menembus pangsa pasar bagi para pengusaha desa Ceguk.  

Penulis : Adlan Robertho Hartedi, KKN Kelompok 97
Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Trunojoyo Madura Ta 2017/2018

0 komentar:

Posting Komentar